Tanda-Tanda Perlu Dilakukan Service AC Mobil dengan Cepat

Perawatan terhadap mobil perlu dilakukan agar kenyamanan saat menggunakannya tetap dirasakan. Terhindar dari berbagai kerusakan dengan melakukan service. Termasuk service AC mobil yang Anda lakukan dengan cepat setelah mendapati tanda-tanda kerusakan. Berikut ini tanda kerusakan AC mobil yang perlu segera dilakukan service. 

  1. Sudah Tidak Dingin

AC merupakan alat elektronik yang perlu dirawat agar dinginnya tetap stabil tanpa ada masalah. Anda yang menghidupkan AC mobil tetapi tidak terasa dingin maka harus segera melakukan service sebelum terjadi kerusakan yang semakin parah. Kondisi lainnya AC hidup tetapi dinginnya tidak maksimal seperti biasanya juga menjadi tanda AC perlu dilakukan service. 

  1. Kipas AC Tidak Bekerja

Tanda selanjutnya Anda perlu melakukan service AC adalah ketika switch AC sudah dihidupkan tetapi blower atau kipasnya tidak juga hidup. Hidupnya AC dalam kondisi ini tentu tidak terasa optimal dinginnya. Anda bisa mengetahui dengan cepat ketika kipas pada AC tidak bekerja karena dapat terlihat langsung.  

  1. Kompresor AC Bunyi

AC merupakan elektronik yang memang membutuhkan service berkala agar tidak ada komponennya yang rusak. Salah satunya adalah kompresor AC. Anda yang mulai mendengar bunyi kompresor dan terasa semakin kuat maka harus segera dilakukan service. Masalah kompresor ini sering dikatakan bahwa kompresor sudah mulai ngorok. 

Penyebab terjadinya masalah kompresor yang mengeluarkan suara keras karena olinya kurang. Kondisi oli ini pun disebabkan salah satunya karena terjadi kebocoran. Berhubungan lagi dengan jumlah freon yang berkurang atau kompresor mengendur. Bisa juga disebabkan bagian piston kompresor dalam kondisi aus atau silinder kompresor berkurang. 

Anda bisa mengetahui masalah kompresor ini ketika menghidupkan AC hembusan anginnya akan mempengaruhi kecepatan mobil. Ketika Anda menghidupkan mesin dengan rpm yang rencah, AC mobil pun akan terasa kurang dingin. Kondisi ini membuat Anda harus mengendarai mobil dengan kecepatan sampai 2000 rpm agar AC bisa teras dingin. 

  1. Kompresor Bocor

Kompresor merupakan komponen yang sangat penting pada AC. Masalah lain yang dapat terjadi pada kompresor adalah kebocoran fatal. Kerusakan ini dapat Anda ketahui ketika melihat bodi kompresor basah terkena oli. Selain itu komponen ini juga berdebu atau ada banyak kotoran yang menumpuk. Kompresor bocor ini hanya bisa dilakukan perbaikan di bengkel yang ahli. 

  1. Freon yang Sudah Tua

Tanda berikutnya yang bisa Anda lihat adalah karet-karet dari freon yang sudah mulai getas atau tua. Usia karet freon ini akan semakin tua dan kinerjanya tidak lagi optimal. Freon yang sudah tua akan terasa ketika Anda sering menghadapi macet. Kondisi ini biasa terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta atau Surabaya. Anda bisa lebih rajin atau lebih rutin lagi untuk mengecek. 

  1. Korselet Sekring dan Relay

Tanda dibutuhkan service pada AC harus dilakukan lebih cepat jika terjadi korselet sekring dan relay. Masalah ini pun akan terlihat dengan cepat karena saat hidup mesin mobil langsung terdengar atau terlihat. Banyak sekali oknum yang mengabaikan ketika AC mobil mengalami sekring putus. Seharusnya masalah ini harus segera dilakukan tindak lanjut ke bengkel. 

Bengkel AC mobil ada banyak sekali, hanya saja Anda memerlukan bengkel dengan teknisi yang ahli dan terpercaya. Datang ke bengkel yang memiliki kualitas akan memberikan Anda kepuasan saat menerima hasil service yang dilakukan. Tidak perlu bingung informasi tentang service AC pada mobil ini Anda dapatkan dengan mengunjungi supercar.id.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *